Saturday, December 29, 2018

KONSEP DASAR MANAJEMEN DAN MANAJER DALAM KEGIATAN MANAJEMEN


KONSEP DASAR MANAJEMEN DAN MANAJER DALAM KEGIATAN MANAJEMEN

  1. Pengertian Manajemen
1.       Manajemen sebagai ilmu
·         Manajemen adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan mengajarkan bagaimana sistem kerjasama yang lebih bermanfaat bagi kemanusiaan. (L.Gulick).
2.       Manajemen sebagai seni
·         Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. (MP Follet).
3.       Manajemen sebagai ilmu dan seni
·         Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan usaha manusia, dilaksanakan untuk pengendalian kemampuan dan daya guna sumber-sumber alam bagi keuntungan manusia. (American Society of Mechanical Engineers).
4.       Manajemen sebagai proses
·         Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya lain yang ada dalam organisasi, guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (James Stoner).
5.       Manajemen sebagai keahlian
·         Manajemen adalah keahlian untuk menggerakkan orang melakukan suatau pekerjaan. (L.A. Appley).

  1. Fungsi Manajemen
Manajemen diartikan sebagai pelaksanaan dari “fungsi-fungsi untuk mencapai tujuan tertentu”. Meskipun digunakan nama yang bervariasi, tetapi isi kegiatannya, sebenarnya hampir bersamaan satu dengan yang lain. Dengan adanya persamaan dan pebedaan istilah mengenai fungsi manajemen, maka secara umum, dapatlah dirumuskan fungsi manajemen tersebut adalah:
1.       Perencanaan
Aspek administrasi yang bersifat khusus, dan keberhasilan perencanaan ini sangat tergantung pada standar dan informasi yang akurat.


2.       Pengorganisasian
Mempersiapkan kerangka kerja manajemen. Ini merupakan aspek administrasi yang mendukung keberhasilan pelaksanaan rencana.
3.       Pelaksanaan
Kegiatan melakukan suatu pekerjaan setelah perencanaan dan pengorganisasian telah tercapai.
4.       Pengendalian
Kegiatan membandingkan antara keadaan pelaksanaan dengan standar-standar yang telah direncanakan, mengadakan koreksi jika dan bilamana perlu, dan melakukan pencatatan akan hasil-hasil yang diperoleh guna penyediaan data bagi perencanaan yang akan datang.
5.       Pengkoordinasian
Proses mempersatukan berbagai kegiatan sebagai akibat proses spesialisasi, dan menyeimbang pemakaian sumber-sumber serta aktivitas, sehingga dicapai keharmonisan pada setiap tindakan.
Pengertian fungsi manajemen ini dipisahkan dari pengertian fungsi operasional, yang meliputi fungsi pemasaran, produksi, keuangan, personalia, dan administrasi.

  1. Lingkungan Manajemen
1.       Lingkungan yang memiliki pengaruh langsung pada manajemen :
·        Pesaing
·        Penyedia
·        Langganan
·        Dll.
2.       Lingkungan yang memiliki pengaruh tidak langsung pada manajemen :
·         Teknologi
·         Ekonomi
·         Sosial-Budaya
·         Dll.




  1. Pengertian Manajer dan Tugas-Tugasnya pada Setiap Tingkatan
Manajer dalam istilah sehari-hari disebut pimpinan atau orang yang melakukan kegiatan manajemen. Sebenarnya manajer merupakan suatu tim, terdiri dari :
1.       Pimpinan Atas (Top-Managers), tugasnya :
·         Menyusun rencana
·         Mengorganisasian
·         Mengarahkan
·         Mengkoordinasi
·         Mengendalikan kegiatan
2.       Pimpinan Menengah (Middle-Managers), tugasnya :
·         Mengawasi kegiatan di tingkat departemen atau seksi, yang telah ditetapkan oleh pimpinan atas
·         Melakukan pengendalian berdasarkan standar yang telah dia tetapkan berdasarkan penelitiannya
·         Dll.
3.       Penyelia/Mandor (Supervisors), tugasnya :
·         Menentukan jumlah pekerja yang diperlukan di seksinya
·         Memilih pekerja baru, atau memberi pendapat sebelum keputusan terakhir mengenai penerimaan pekerja baru
·         Dll.


BUKU : TEORI dan KONSEP MANAJEMEN

HEIDJRACHMAN R


No comments:

Post a Comment